Teknik Kimia UNS
Arrow
Arrow
Slider

 Pada tanggal 4 - 6 Mei 2018, berlokasi di Ngadirejo RT 02/ RW 02, Desa Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. Telah berlangsung acara Upgrading HMTK FT UNS 2018. Acara ini diselenggarakan oleh bidang Kaderisasi HMTK FT UNS periode 2018 yang bertujuan untuk meng-upgrade pengurus HMTK Periode 2018 dalam  peningkatan kemampuan soft skill, dan lebih mempererat rasa kekeluargaan diantara pengurus HMTK FT UNS periode 2018. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Upgrading tidak dilakukan bersamaan dengan Katalisator sehingga peserta yang mengikuti Upgrading hanyalah pengurus HMTK FT UNS periode dan dibimbing oleh Demisioner HMTK FT UNS. 

 

       Waktu telah menunjukkan pukul 16.45 dan peserta Upgrading mulai berangkat dari depan gedung 1 FT UNS menuju tempat Upgrading 2018 bersama-sama menggunakan bus. Akhirnya peserta Upgrading tiba di tempat tujuan, Desa Kemuning, tepat saat adzan magrib berkumandang. Peserta Upgrading langsung bergegas meletakkan dan menata barang lalu mengambil air wudhu untuk melaksanakan shalat magrib berjamaah di ruang tengah.Selang beberapa menit kemudian, para demisioner mulai bermunculan tiba di lokasi Upgrading menggunakan sepeda motor. Setelah shalat berjamaah, peserta Upgrading segera menggunakan kemeja HMTK dan bersiap-siap untuk mengikuti sesi materi yang telah disiapkan Demisioner. Sambil menunggu sesi materi pertama dimulai, peserta Upgrading bersama dengan Demisioner dan pembicara pertama, Anisa Candra Yulivia, melakukan makan malam bersama di ruang tengah.

 

sambutan oleh Ketua HMTK 2018

 

            Setelah menikmati makan malam bersama, acara di buka dengan Sambutan oleh Ketua Panitia dan Ketua HMTK lalu acara dilanjutkan dengan materi tentang kekeluargaan dalam berorganisasi oleh pembicara dari jurusan Ilmu Komunikasi UNS, Anisa Candra Yulivia. Pada materi ini, Pembicara tidak hanya memberikan materi tetapi juga memberikan permainan–permainan yang bertujuan untuk mempererat hubungan kekeluargaan. Dalam permainan ini peserta Upgrading dilarang berbicara dan diperintahkan untuk berkumpul dengan orang orang yang memiliki kesamaan dengan peserta yang lain sesuai yang diucapkan oleh pembicara. Selain memberikan materi, pada sesi ini juga terdapat sesi Tanya jawab dari peserta dan dijawab oleh pembicara. Salah satu pertanyaan dari peserta adalah cara mengatasi malas dalam  berorganisasi. Solusi yang diberikan oleh pembicara adalah mengingat tanggung jawab dan tujuan masuk ke dalam organisasi.Waktu menunjukkan pukul 21.00 dan materi pertama yang diisi telah selesai. Acara dilanjutkan dengan presentasi mengenai HMTK oleh Ketua Himpunan HMTK FT UNS, Bagas Cahyadi. Dalam presentasi ini  Bagas Cahyadi memapaparkan visi, misi, susunan kepengurusan, pengurus HMTK periode 2018, dan program kerja yang kemudian mendapat saran dan masukan dari para demisioner. Sampailah diujung acara pada Upgrading hari pertama dan para peserta dipersilakan untuk istirahat.

 

Pemaparan materi oleh Anisa Candra Yulivia

 

Sesi tanya jawab

 

Penyerahan Sertifikat

              Upgrading hari kedua dimulai pukul 7.00 dengan sarapan dan bersiap – siap untuk melaksanakan outbond. Pada pukul 9.00 para peserta dikumpulkan lalu dibagi menjadi 12 kelompok dan 6 keloter.Dalam outbond ini para peserta harus melewati 6 pos berbeda yang dijaga oleh para demisioner. Setiap permainan dalam pos memiliki esensinya sendiri–sendiri. Mulai dari pos pertama hingga pos kelima para peserta tetap berjalan secara kelompok ataupun kloter. Akan tetapi, pada pos terakhir seluruh kelompok dilebur jadi satu karena pada pos ini mereka diharuskan untuk membawa api dari ujung lapangan ke ujung lapangan yang lain secara  kelompok. Pada pos ini menjaga api tidak semudah yang dibayangkan dimana 9 api yang dibawa oleh tiap presidium akan diserang dengan bom-bom air yang dibawa oleh para demisioner. Oleh karena itu setiap peserta selain presidium harus membentuk pagar hidup untuk bertahan serta menghalau serangan yang datang.Meskipun harus berbasah-basahan para peserta terus memperjuangkan serta mempertahankan supaya bisa membawa dan menjaga lilin agar tetap menyala keujung. Kesimpulan dari game yang ada di pos ini sebenarnya adalah bagaimana menjaga semangat serta tujuan yang disimbolkan sebagai lilin agar tidak padam oleh berbagai pengaruh yang ada dimana disimbolkan dengan lemparan bom-bom air oleh demisioner. Dipenghujung acara, kami semua menyanyikan Mars HMK dan menyeruakkan Jargon HMTK dengan semangat.

 

 

 

 

 

      Di malam harinya setelah para peserta membersihkan badan dan beristirahat dari lelahnya outbond, para peserta kembali mendapatkan materi yang dibawakan oleh Presiden BEM FT UNS, Muhammad Madaniy Fadlulhaq. Materi yang disampaikan oleh pembicara kedua ini adalah kedisiplinan.Selain sesi materi, di sesi ini juga terdapat sesi Tanya jawab. Salah satu pertanyaan dari peserta adalah bagaimana cara mengajak teman dalam satu organisasi agar terbiasa tepat waktu. Solusi dari Muhammad Madaniy Fadlulhaq adalah sebisa mungkin memberikan contoh kepada teman tersebut.Acara dilanjutkan dengan pentas seni dari para peserta Upgrading 2018. Berbagai penampilan ditampilkan oleh peserta. Penampilan tersebut mulai dari menari, menyanyi, berpuisi, melakukan tari bersama tarian Temon Holic dan lain sebagainya. Acara pentas seni ini diisi dengan canda dan gelak tawa dari para peserta dan demisioner. Akhirnya rangkaian Upgrading hari kedua telah usai dan para peserta dipersilahkan untuk istirahat.

 

Materi oleh Presiden BEM FT Muhammad Madaniy Fadlulhaq

 

 

Joget bersama

 

Pentas seni

 

            Tepat pada pukul 09.00, rangkaian hari ketiga Upgrading dimulai. Pada sesi kali ini diisi oleh salah satu demisioner dari HMTK yaitu Muhammad Iqbal, Teknik Kimia UNS 2014. Pada sesi ini, Muhammad Iqbal membahas tentang quisioner yang sudah diisi oleh para peserta pada hari sebelumnya tentang organisasi.Selain membahas quisioner, para peserta diajak bermain oleh Muhammad Iqbal yang bertujuan untuk mengetes tingkat kedekatan satu sama lain. Setelah sesi bersama Muhammad Iqbal, akhirnya rangkaian Upgrading 2018 ditutup dan para peserta lalu berkemas – kemas untuk kembali pulang. Berakhirlah acara Upgrading HMTK FT UNS 2018 ini, banyak sekali manfaat positif yang dapat diambil, dan semoga bisa menjadi bekal berlangsungnya HMTK kedepan, serta dapat berjalan lebih baik lagi. Bravo HMTK!   

Katalisator 2018

 

 

Keakraban, kebersamaan serta suasana kekeluargaan sangat diperlukan dalam lingkungan akademis di Teknik Kimia. Keakraban dan kekompakan antar angkatan maupun dengan teman satu angkatan akan menjadi pendukung bagi terselenggaranya kegiatan akademis maupun non-akademis yang ada. Perasaan saling memiliki dan menjadi sebuah keluarga di Teknik Kimia akan membuat setiap mahasiswa punya tingkatan  yang sama tanpa memandang usia dan angkatan.

        Selain itu, mahasiswa sebagai  generasi penerus bangsa harus memiliki kemampuan secara akademis dan softskill dalam berorganisasi. Karena itu, mahasiswa memerlukan latihan dalam berorganisasi, terutama di dalam lingkup Teknik Kimia.  Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) adalah salah satu organisasi mahasiswa yang dapat dijadikan wadah pelatihan kemampuan berorganisasi. Salah satu kegiatan yang dapat dijadikan sebagai sarana pencapaian tersebut adalah kegiatan KATALISATOR.

Sambutan Ketua Umum HMTK 2018

 

Penyampaian Materi dari Kadika 

 

        Pada kesempatan ini, katalisator diadakan pada tanggal 2-4 maret 2018 di villa ratna mulya tawangmangu. Rangkaian acara katalisator meliputi sharing dengan seluruh mahasiswa teknik kimia, outbond untuk mahasiswa baru,  pemilihan ketua reaktor 2018, dan penyampaian beberapa materi. Materi yang disampaikan pada acara katalisator tahun ini, antara lain : pengenalan KADIKA oleh Andika selaku ketua himpunan dari KADIKA dengan beberapa rekannya, sharing pengalaman alumni yang disampaikan oleh Ilham Roy angkatan 2013 dan Hagung Haruno angkatan 1999, serta presentasi maket pabrik semen oleh Muhammad Fikri kepada seluruh peserta katalisator dan tidak lupa Dr. Sunu Herwi Pranolo, S.T., M.Sc. selaku dosen teknik kimia yang sudah berpengalaman di pabrik semen.

Suasana Outbond Katalisator 

 

Pemilihan Ketua Reaktor 2019

 

Dengan diadakannya kegiatan katalisator tahun 2018 ini, diharapkan setiap mahasiswa teknik kimia dapat menjadi satu keluarga besar yang dapat saling mendukung satu sama lain dan dapat meningkatkan pengetahuan serta soft skills dalam berorganisasi.

Upgrading HMTK FT UNS 2017 merupakan salah satu program kerja bidang Kaderisasi yang bertujuan untuk meng-upgrade pengurus HMTK Periode 2017 dalam peningkatan kemampuan soft skill, dan lebih mempererat rasa kekeluargaan diantara pengurus HMTK. Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat-Minggu, 5-7 Mei 2017, di Jl. Grojogansewu No. 27 Beji, Tawangmangu, Karanganyar. Namun, khusus tahun ini, konsep Upgrading HMTK 2017 sedikit berbeda, yaitu  terdapat acara pengakraban antar angkatan. Jadi, acara upgrading tahun  ini tidak hanya diikuti oleh pengurus, namun juga non-pengurus. Kenapa konsep nya seperti ini? Karena terdapat beberapa pembahasan yang urgent, yang harus dibahas oleh seluruh angkatan.

Di hari pertama, yaitu Jumat, 5 Mei 2017 pukul 17.00 kami berangkat, dan tiba sekitar pukul 18.30. Setelah membereskan barang-barang, dan ishoma, acara di buka dengan Sambutan oleh Ketua Panitia, dan Ketua HMTK, dan dilanjutkan presentasi tentang program kerja HMTK FT UNS selama satu periode oleh Ketua HMTK, saudara Eko. Acara selanjutnya, yaitu Pemilihan Ketua REAKTOR 2017. Terdapat 5 Kandidat dari bidang Kaderisasi, yaitu Kevin, Tommy, Dziky, Dinda, dan Caca. Selanjutnya, diadakan diskusi untuk membahas siapakah yang akan menjadi Ketua REAKTOR 2017, diskusi ini dipimpin oleh saudara Nandika selaku Koordinator Bidang Kaderisasi. Setelah berbagai pendapat muncul, akhirnya kami mencapai mufakat yaitu saudara Kevin yang menjadi Ketua REAKTOR 2017.

Suasana Api Unggun

Pada hari Sabtu, 5 Mei 2017 dilanjutkan dengan sosialisasi dan diskusi PPSDM atau Pedoman Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa, yaitu pedoman yang digunakan khususnya, untuk bidang kaderisasi dalam mengkader mahasiswa, dan merupakan salah satu pedoman untuk organisasi HMTK FT UNS dalam keberlangsungannya ke depan. Pelaksana PPSDM ini adalah seluruh mahasiswa program sarjana teknik kimia FT UNS, dan PPSDM ini telah disepakati. Setelah PPSDM disepakati, acara selanjutnya yaitu Sarasehan HMTK yang di pimpin oleh Saudara Eko, dan terdapat 4 penyampai dari masing-masing angkatan. Sarasehan ini bertujuan untuk memberikan kritik dan saran, serta menyatukan pendapat antar angkatan untuk HMTK yang lebih baik kedepannya. Setelah membahas hal-hal yang cukup serius, sore harinya kami mengadakan games untuk semua angkatan, games berlangsung dengan seru, banyak canda-tawa dan sorak teman-teman saat mendukung angkatannya saat bermain. Malamnya, kami mengadakan acara malam pengkabran dengan konsep Api Unggun, kami bernyanyi bersama, bersendau gurau tanpa malu-malu, sehingga ikatan kekeluargaan seluruh angkatan  lebih terjalin. Setelah melepas penat, acara dilanjutkan dengan materi tentang organisasi, bagaimana seorang mahasiswa berorganisasi, sifat yang harus dimiliki oleh seorang organisator, bagaimana menumbuhkan kekeluargaan dalam organisasi, dan apa saja yang akan kita dapat dalam berorganisasi dikemas dan disampaikan dengan menarik oleh Saudara Ilham Akbar yang merupakan Mahasiswa D3 Teknik Kimia FT UNS yang aktif berorganisasi.

Forum Group Discussion

Makan Bersama

Hari Minggu, 7 Mei 2017 pukul 01.15 hingga 07.00 pengurus HMTK FT UNS mengadakan sharing dengan para demisioner, tentang bagaimana kepengurusan HMTK FT UNS selama beberapa bulan ini, masalah apa saja yang dihadapi, dan bagaimana kami dalam menyikapinya. Banyak kritik dan saran yang memotivas  pengurus HMTK untuk menjalankan tugasnya dengan lebih baik. Setelah beristirahat, kami diberi materi oelh saudara Muhamad Iqbal Putra, tentang bagaimana menganalisa reiko sebuah program kerja, dengan meninjau internal isu, dan eksternal isu, lalu kami dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk mendiskusikan beberapa program kerja HMTK yang akan berjalan dan menganalisa keberlangsungan dan resiko yang timbul dari program kerja tersebut, dan selanjutnya kami diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kami. Selanjutnya kami dibagi lagi beberapa kelompok untuk debat, dengan pembahasan Pembangunan Pabrik Semen di Rembang, dan tentang Perkembangan dan Etika Komunikasi, tiap sesi, ada 2 kelompok yang berdebat, disatu sisi pro dengan masalah yang dibahas, disisi lain kontra. Acara debat ini berlangsung seru, karena kami isa belajar mengemukakan pendapat masing-masing individu, menyanggah pendapat, dan mempertahankan pendapat. Acara ditutup dengan berkumpul bersama, dan mengintrospeksi diri sendiri dalam menjalankan kepengurusan beberapa bulan ini, ternyata masih banyak yang harus kami tingkatkan, dan dipenghujung acara, kami semua menyanyikan Mars HMK dan menyeruakkan Jargon HMTK dengan semangat. Berakhirlah acara Upgrading HMTK FT UNS 2017 ini, banyak sekali manfaat positif yang dapat diambil, dan semoga bisa menjadi bekal berlangsungnya HMTK kedepan, serta dapat berjalan lebih baik lagi. Bravo HMTK!