Arrow
Arrow
Slider

Upgrading HMTK FT UNS 2017 merupakan salah satu program kerja bidang Kaderisasi yang bertujuan untuk meng-upgrade pengurus HMTK Periode 2017 dalam peningkatan kemampuan soft skill, dan lebih mempererat rasa kekeluargaan diantara pengurus HMTK. Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat-Minggu, 5-7 Mei 2017, di Jl. Grojogansewu No. 27 Beji, Tawangmangu, Karanganyar. Namun, khusus tahun ini, konsep Upgrading HMTK 2017 sedikit berbeda, yaitu  terdapat acara pengakraban antar angkatan. Jadi, acara upgrading tahun  ini tidak hanya diikuti oleh pengurus, namun juga non-pengurus. Kenapa konsep nya seperti ini? Karena terdapat beberapa pembahasan yang urgent, yang harus dibahas oleh seluruh angkatan.

Di hari pertama, yaitu Jumat, 5 Mei 2017 pukul 17.00 kami berangkat, dan tiba sekitar pukul 18.30. Setelah membereskan barang-barang, dan ishoma, acara di buka dengan Sambutan oleh Ketua Panitia, dan Ketua HMTK, dan dilanjutkan presentasi tentang program kerja HMTK FT UNS selama satu periode oleh Ketua HMTK, saudara Eko. Acara selanjutnya, yaitu Pemilihan Ketua REAKTOR 2017. Terdapat 5 Kandidat dari bidang Kaderisasi, yaitu Kevin, Tommy, Dziky, Dinda, dan Caca. Selanjutnya, diadakan diskusi untuk membahas siapakah yang akan menjadi Ketua REAKTOR 2017, diskusi ini dipimpin oleh saudara Nandika selaku Koordinator Bidang Kaderisasi. Setelah berbagai pendapat muncul, akhirnya kami mencapai mufakat yaitu saudara Kevin yang menjadi Ketua REAKTOR 2017.

Suasana Api Unggun

Pada hari Sabtu, 5 Mei 2017 dilanjutkan dengan sosialisasi dan diskusi PPSDM atau Pedoman Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa, yaitu pedoman yang digunakan khususnya, untuk bidang kaderisasi dalam mengkader mahasiswa, dan merupakan salah satu pedoman untuk organisasi HMTK FT UNS dalam keberlangsungannya ke depan. Pelaksana PPSDM ini adalah seluruh mahasiswa program sarjana teknik kimia FT UNS, dan PPSDM ini telah disepakati. Setelah PPSDM disepakati, acara selanjutnya yaitu Sarasehan HMTK yang di pimpin oleh Saudara Eko, dan terdapat 4 penyampai dari masing-masing angkatan. Sarasehan ini bertujuan untuk memberikan kritik dan saran, serta menyatukan pendapat antar angkatan untuk HMTK yang lebih baik kedepannya. Setelah membahas hal-hal yang cukup serius, sore harinya kami mengadakan games untuk semua angkatan, games berlangsung dengan seru, banyak canda-tawa dan sorak teman-teman saat mendukung angkatannya saat bermain. Malamnya, kami mengadakan acara malam pengkabran dengan konsep Api Unggun, kami bernyanyi bersama, bersendau gurau tanpa malu-malu, sehingga ikatan kekeluargaan seluruh angkatan  lebih terjalin. Setelah melepas penat, acara dilanjutkan dengan materi tentang organisasi, bagaimana seorang mahasiswa berorganisasi, sifat yang harus dimiliki oleh seorang organisator, bagaimana menumbuhkan kekeluargaan dalam organisasi, dan apa saja yang akan kita dapat dalam berorganisasi dikemas dan disampaikan dengan menarik oleh Saudara Ilham Akbar yang merupakan Mahasiswa D3 Teknik Kimia FT UNS yang aktif berorganisasi.

Forum Group Discussion

Makan Bersama

Hari Minggu, 7 Mei 2017 pukul 01.15 hingga 07.00 pengurus HMTK FT UNS mengadakan sharing dengan para demisioner, tentang bagaimana kepengurusan HMTK FT UNS selama beberapa bulan ini, masalah apa saja yang dihadapi, dan bagaimana kami dalam menyikapinya. Banyak kritik dan saran yang memotivas  pengurus HMTK untuk menjalankan tugasnya dengan lebih baik. Setelah beristirahat, kami diberi materi oelh saudara Muhamad Iqbal Putra, tentang bagaimana menganalisa reiko sebuah program kerja, dengan meninjau internal isu, dan eksternal isu, lalu kami dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk mendiskusikan beberapa program kerja HMTK yang akan berjalan dan menganalisa keberlangsungan dan resiko yang timbul dari program kerja tersebut, dan selanjutnya kami diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kami. Selanjutnya kami dibagi lagi beberapa kelompok untuk debat, dengan pembahasan Pembangunan Pabrik Semen di Rembang, dan tentang Perkembangan dan Etika Komunikasi, tiap sesi, ada 2 kelompok yang berdebat, disatu sisi pro dengan masalah yang dibahas, disisi lain kontra. Acara debat ini berlangsung seru, karena kami isa belajar mengemukakan pendapat masing-masing individu, menyanggah pendapat, dan mempertahankan pendapat. Acara ditutup dengan berkumpul bersama, dan mengintrospeksi diri sendiri dalam menjalankan kepengurusan beberapa bulan ini, ternyata masih banyak yang harus kami tingkatkan, dan dipenghujung acara, kami semua menyanyikan Mars HMK dan menyeruakkan Jargon HMTK dengan semangat. Berakhirlah acara Upgrading HMTK FT UNS 2017 ini, banyak sekali manfaat positif yang dapat diambil, dan semoga bisa menjadi bekal berlangsungnya HMTK kedepan, serta dapat berjalan lebih baik lagi. Bravo HMTK!

 

Please publish modules in offcanvas position.