Arrow
Arrow
Slider

Kuliah Umum 2 Teknik Kimia UNS

Perkembangan dunia industri yang semakin maju baik di bidang industri kimia maupun industri non kimia harus diikuti dengan perkembangan faktor pendukungnya. Salah satu faktor pendukung yang sangat dominan menentukan keberhasilan suatu industri adalah faktor energi. Energi sebagai salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari menyebabkan pengguaan energi semakin meningkat. Energi yang digunakan saat ini sebagian besar berasal dari minyak bumi. Eksploitasi yang berlebihan terhadap minyak bumi menyebabkan persediaannya semakin menipis. Selain itu, energi yang berasal dari minyak bumi menyebabkan banyaknya pencemaran lingkungan. Maka, diperlukan energi alternatif yang tidak merusak lingkungan dan dapat diperbarui. Salah satunya yaitu energy alternative berupa fuel cell yang belum banyak diketahui dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia dan Program Studi S1 Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta yang didukung oleh Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia menyelenggarakan Kuliah Umum II 2017 dengan mengusung tema “Upaya Pemanfaatan Fuel Cell sebagai Energi Alternatif yang Ramah Lingkungan”, yang juga berkaitan erat dengan studi Teknik Kimia. Kuliah Umum II 2017 terdiri dari penyampaian materi kuliah umum yang diisi oleh satu pembicara. Pembicara yang diundang berasal dari latar belakang akademisi yang menguasai materi mengenai fuel cell. Hal ini bertujuan memberikan perspektif yang luas pagi para peserta dalam hal potensi energi alternatif di Indonesia terutama fuel cell.

 

Kuliah Umum II merupakan salah satu program kerja bidang Akademis Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia UNS. Program kerja ini dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Mei 2017 dari pukul 07.00 WIB sampai 11.00 WIB, di Aula Pertemuan Ilmiah, UPT Perpustakaan, Universitas Sebelas Maret. Acara diawali dengan registrasi peserta, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan, penyampaian sambutan, penyampaian materi paralel oleh pembicara, sesi tanya jawab, dan penutup. Kuliah Umum II ini dihadiri sebanyak 100 peserta yang merupakan Mahasiswa Teknik Kimia dan umum, 18 orang panitia, 1 moderator Inayati S.T., M.T., Ph.D., dan 1 tamu undangan sebagai pembicara Hary Devianto, S.T., M.Eng., Ph.D.

 

 

Dengan adanya Kuliah Umum II ini diharapkan seluruh peserta dapat mengetahui potensi fuel cell sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan. Khususnya untuk mahasiswa Teknik Kimia mampu menciptakan inovasi dalam pemanfaatan energi terbarukan terutama fuel cell serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan lebih luas untuk kehidupan Bangsa Indonesia.

Please publish modules in offcanvas position.