Teknik Kimia UNS
Arrow
Arrow
Slider

 

 

Pada pertemuan ini, Radiasi mengadakan Seminar Penelitian. Yaitu seminar yang diperuntukkan kepada mahasiswa Teknik Kimia UNS yang telah menjalani penilitian dan ingin mempresentasikan hasil penelitiannya. Acara ini, diselenggarakan pada hari Jumat, 18 Mei 2018 di Ruang Seminar Utama Gedung 3 lantai 2, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

 

 

Pada seminar penelitian kali ini, dihadiri oleh lima pasang pembicara: 1. Asih Purwanti Sholikah dan Karina Diah Rosa Ekawati dengan judul penelitian “ Efek Penambahan NaCl selama Sintesis Fase Padat terhadap Struktur Kristal LiNi0.0.15Al0.005O2 (LNCA)”, 2. Muhammad Iqbal Putra dan Edwin Budi Setiawan dengan judul penelitian “Pengaruh Panambahan Sodium Choliride (NaCl) pada Syntesis Lithium Titanate Oxide Li4Ti5O12 (LTO) sebagai Elektroda pada Baterai Lithium-ion dengan Metode Solid State Reaction”, 3. Ina Fatimah dan Suci Soraya dengan judul penelitian ”Pengaruh Waktu Polimerisasi Polyacriliamide terhadap Proses Flokulasi Bioflokulan dari Pati Singkong (Manihot Utilissima) Termodifikasi dan Nonmodifikasi Menggunakan Metode Pencangkokan (Grafting)”, 4. Fera Setiawati dan Siti Anida dengan judul penelitian ”Biosorpsi Logam Kromium Menggunakan Adsorben Kulit Kacang Tanah (Arachis hypogeae)”, 5. Damar Jati Pamungkas dan Maudy Pratiwi Novia Matovanni dengan judul penelitian “Pengaruh Jumlah Gliserol terhadap Karakteristik Sifat Mekanik Bioplastik dari Selulosa Jerami Padi”. Kelima pasang pembicara tersebut memberikan banyak ilmu tentang penelitian mereka. Seminar Penelitian ini dihadiri oleh 67 audien.

 

 

 

 

 

Pelatihan Hysys adalah salah satu program kerja yang diadakan oleh bidang Akademis Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sebelas Maret. Pelatihan Hysys adalah pelatihan yang ditujukan kepada mahasiswa semester 6 program studi Sarjana Teknik Kimia yang berguna untuk membekali mahasiswa sebelum melakukan kerja penelitian dan dalam menyelesaikan tugas akhir rancangan suatu pabrik. Hysys tersendiri adalah suatu software engineering yang digunakan sebagai model simulator untuk satu atau beberapa rangkaian proses yang berkaitan dengan bidang ilmu teknik, khususnya teknik kimia. Hysys digunakan oleh hampir seluruh Oil and Gas Industries . Cara penggunaan aplikasi ini cukup rumit dan membutuhkan kemampuan yang cukup terampil.

Pelatihan Hysys ini diadakan secara 4 kali pertemuan dengan pemaparan materi dari dosen pengajar dan satu kali tes kemampuan. Pelatihan ini diselenggarakan setiap hari senin pukul 15.30 sampai 17.30 dimulai pada tanggal 29 April 2018 dan senin yang berikutnya. Kegiatan ini bertempat di Laboratorium Komputasi Teknik Kimia Gedung 1 Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

Dengan adanya Pelatihan Hysys ini diharapkan bahwa mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sebelas Maret dapat mengembangkan kemampuan dan dapat bersaing dalam mencari pekerjaan terutama pada Oil and Gas Industries

 

 

Grand Opening RADIASI HMTK 2018

 

 

Telah dilaksanakan Grand Opening RADIASI (Rangkaian Studi Anggota Mahasiswa Ilmiah) 2018, pada hari Jum’at, tanggal 16 Maret 2018. Grand Opening ini dilaksanakan di Ruang 305 Gedung 1 Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Acara dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Peserta yang hadir 45 orang mahasiswa/i S1 Teknik Kimia.

Acara dimulai dengan sambutan dari ketua panitia yaitu Fadhilah Rahmatul Hasanah dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua HMTK (Bagas Cahyadi). Kepala Prodi Teknik Kimia (Bapak Margono) juga turut memberikan sambutan dalam acara ini. Beliau menyambut acara ini dengan baik dan memberikan banyak masukan.

 

Sambutan Oleh Kaprodi Teknik Kimia

 

Pemaparan Tentang RADIASI

 

Sharing Pengalaman Lomba oleh Mahasiswa Teknik Kimia 

 

Acara ini terdiri dari dua sesi yaitu penjelasan RADIASI dan sharing pengalaman lomba. Pada pengenalan RADIASI disampaikan oleh Fadhilah Rahmatul Hasanah. Isi dari pengenalan RADIASI ini adalah tentang sejarah RADIASI, pengenalan klub baru yaitu klub karya tulis ilmiah yang diberi nama CERC (Chemical Engineering Research Center), dan pengenalan English Day. Selain itu juga pemberitahuan bahwa rangkaian RADIASI ada banyak seperti Seminar KP, Intensive Class, info-info lomba dari universitas lain, dapat juga berisi kegiatan lain yang sifatnya tentative.

Sesi kedua yaitu sharing pengalaman lomba oleh dua pembicara yaitu Hidayat dan Kevin Ikhwan Muhammad yang sudah pernah menjuarai lomba essay dan karya tulis. Pada sesi ini berisi sharing tentang pengalaman mereka saat mengikuti lomba, terutama di luar negeri. Juga sharing tentang cara menulis essay serta manfaat ikut lomba kepenulisan. Mereka juga membagi tips-tips untuk mengikuti lomba, dari cara memperoleh info lomba sampai cara pengajuan dana ke fakultas atau universitas. Acara sharing lomba ini sekaligus acara penutup Grand Opening RADIASI 2018. Acara ditutup pukul 10.00 WIB.

Harapan dari panitia RADIASI adalah, semoga dengan acara rangkaian RADIASI dapat membantu, memotivasi, mengembangkan sofskill dan mewadahi skill mahasiswa Teknik Kimia UNS di bidang keilmiahan. Selain itu kami berharap, mahasiswa Teknik Kimia UNS aktif mengikuti lomba-lomba dan mengharumkan UNS dan Teknik Kimia UNS.

 

Kuliah Umum I

 

          Telah dilaksanakan Kuliah Umum I S1 Teknik Kimia Universitas Sebelas Maret pada Jumat, 6 April 2018 pukul 08.00 - 11.00 WIB di RSU Gedung 3 Lt.2 Fakultas Teknik UNS dengan tema Oil and Gas System for Indonesia Power Plant telah selesai dilaksanakan. Materi disampaikan oleh Riska Agustina Wulandari, S.T. sebagai pembicara dan Bapak Wusana Agung Wibowo, S.T, M.T. sebagai moderator. 

 

 

Sambutan Bapak Margono S.T, M.T. Selaku Kaprodi Teknik Kimia UNS

 

 

Sambutan  Ketua Himpunan Mahasiswa  Teknik Kimia

 

          Rangkaian acara pada Kuliah Umum 1 tersebut antara lain : Penyampaian Materi tentang studi kasus asal mula digunakannya Flare sebagai pencegah terjadinya ledakan pada industry Oil and Gas akibat kesalahan pembacaan tekanan. Kemudian dilanjutkan dengan dua kali sesi tanya jawab yang diikuti oleh seluruh peserta Kuliah umum dengan pembicara, dan di akhir terdapat sharing motivasi tips dan trik bagaimana cara bekerja di industri dengan aman serta bagaimana caranya mempersiapkan softskill agar lebih mudah diterima dalam suatu industri. Diharapkan dengan diadakannya acara Kuliah Umum 1 dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi seluruh peserta yang datang dari berbagai universitas.

 

 

 Foto Bersama Peserta Kuliah Umum I

   
  Pemaparan Materi Seminar Penelitian  
 Seminar Penelitian telah dilaksanakan pada Jumat,13 Oktober 2017 pukul 07.00 – 13.000 WIB bertempat di Ruang Seminar Utama, Lantai 2 Gedung III Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret. Ada pun pemateri di Seminar Penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Kimia UNS pada khususnya dan mahasiswa Teknik Kimia universitas se-Solo Raya pada umumnya yang  telah menyelesaikan serangkaian penelitiannya.

Page 1 of 2

© 2017 Program Studi Teknik Kimia FT-UNS. All Rights Reserved.